Kuliah Jurusan Teknik Informatika ?? Tentang Apa sih

Oh ya sebelum ke pembahasan, kita selalu terpikir dan selalu ingin menanyaka. Di suatu jurusan di mata perkuliahan ,pelajaran apa aja sih yang harus di tekuni dan kita kuasai di jurusan mata perkuliahan terntentu?   Sebener nya semua pelajaran harus kita tekuni dan pahami tapi emang untuk memahami semua pelajaran dan mengasai nya itu cukup susah.
Ok itu pasti ada sangkut paut nya sama pembahasan sekarang  kita mulai bahas dengan sesuai judul yang saya buat 
Jika anda membaca artikel saya yang berjudul “Apa yang dipelajari di teknik Informatika” disana sudah saya jelaskan perbedaan antara Belajar Otodidak, Kursus dan Kuliah di Teknik Informatika. Walaupun saya sudah memberi referensi mata kuliah di berbagai sumber termasuk Wikipedia dan MIT (Kampus Teknologi terbaik didunia) tetap saja banyak yang bertanya kenapa sih harus suka dengan Matematika dan bahasa inggris?) Lalu muncul pertanyaan selanjutnya yang intinya menunjukan kebingungan Calon Mahasiswa tentang Jurusan ini.
Waktu saya masih SMA sebener nya masih SMA sih, Saya juga berpikir begini, saya sudah bisa Windows, Office, Internet, Ngerti dikit lah Desain Grafis dan Photoshop terus kira kira selama 4 tahun di kampus belajar apa ya? Naive banget lah pokoknya. Nah disini saya akan menjelaskan Materi di Jurusan Teknik Informatika secara garis besar mengingat jurusan TI di masing masing kampus punya konsentrasi yang berbeda namun mempunyai Komponen dasar yang sama.
Materi Kuliah Dasar Umum
Materi Kuliah dasar Umum adalah Materi yang sifatnya Umum untuk semua jurusan, bukan hanya IT. Apapun Jurusannya anda akan mendapat materi ini, sepertinya ini memang mata kuliah dasar Wajib yang selalu ada di setiap jurusan di seluruh Kampus di Indonesia . Berikut ini adalah matakuliahnya
1.Bahasa Indonesia
2.Bahasa Inggris
3.Metode Penelitian /Riset Operasi
4.Kewarganegaraan
5.Ilmu Sosial Budaya Dasar
6.Etika Profesi
7.Pendidikan Agama
8.Kewirausahaan & Manajemen
Ilmu-ilmu tersebut akan selalu ada dengan berbagai macam variasi nama tergantung jurusannya anda Ambil. Saya yakin Anda sudah Familiar dengan ilmi-ilmu diatas kecuali di point 3, 6 dan 8. Inti dari Kuliah Metode Penelitan ini adalah Ilmu dasar dalam hal melakukan Penelitian dan penulisan Karya Ilmiah. Kadang materi ini juga termasuk materi Statistik dan metode pengumpulan Data.  Sedangkan Point 6 Etika Profesi Lebih menekankan pada “Do something Good when using your skill after Graduate”. Contoh dasarnya di Etika profesi ini jangan jadi Cracker, atau pembobol ATM/kartu kredit, Jangan membuat Virus, jangan bekerja untuk kejahatan atau membuat Website Pornografi (Melanggar etika), website Untuk teroris dan sebagainya, Itu Contoh Gampangnya. Saya yakin anda paham. Poin ke-8 itu pasti Ada (harusnya ada) disetiap jurusan agar saat lulus tidak melulu berpikir “saya melamar dimana?” tapi lebih fokus pada  “Apa Peluang ekonomi yang bisa saya jadikan pekerjaan dan mempekerjakan orang lain dengan Ilmu yang telah saya dapat?”.
Mata Kuliah Matematika & Science
Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang besifat “TEKNIK” di kelompokan dalam Wadah “Sains dan Teknologi” atau “Fakultas Teknik”  lebih khusus pada “Electrical Engineering and Computer Science“. Jadi jelas banget ilmu ini butuh Pemahaman Matematika dan Fisika dan mempunyai mata kuliah dasar sains yang sama dengan jurusan teknik lainnya cuma berbeda penekanan. Ilmu Komputer ini sendiri terpecah menjadi lima Cabang yaitu Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Hardware), Teknik Informatika (Software Enginering), Sistem Informasi (Information System) dan Teknologi Informasi (Information Technology). Untuk Teknologi Informasi biasanya lebih sering disebut TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) kalau di Indonesia. Silahkan baca artikel “Tip memilih Jurusan Komputer”untuk lebih memahami Perbedaannya .Perhatikan bahwa Teknik Informatika lebih fokus pada Software. Software sendiri disusun berdasarkan Algoritma dan Algoritma ini biasanya disusun berdasarkan Persamaan Rumus Matematika ataupun Logika yang kompleks, jadi ga mungkinlah mau kuliah IT kok malah menghindari Matematika.
Apa saja ilmu dasar yang harus dipahami? Berikut ini adalah beberapa mata kuliah Dasar WAJIB di Jurusan Teknik Informatika.
1.Fisika Dasar
2.Kalkulus I dan Kalkulus II
3.Logika Matematika (Logika Informatika)
4.Matematika Diskrit
5.Aljaber Linier dan Matrix
6.Metode NumerikStatistik
Perhatikan 7 Ilmu diatas? Kalau anda tidak suka Matematika ya jelas anda keteteran, kelabakan dan Panik. Tapi jika anda jurusan IPS apakah tetap bisa kuliah di TI? Bisa saja asal anda tekun dan sabar, namun kalau tidak sanggup saya sarankan masuk kejurusan Sistem Informasi saja. Mata kuliah diatas biasanya di ambil saat semester 1 sampai III, artinya jika anda Mendapat nilai jelek di tahun-tahun awal Kuliah, anda akan lebih kesulitan meningkatkan IP disemester Berikutnya.
Mata Kuliah Inti Teknik Informatika
Mata kuliah Inti ini saya bagi lagi menjadi 3 yaitu mata kuliah  Dasar, Mata kuliah Konsentrasi dan Mata kuliah Pilihan (Lanjutan).
Mata Kuliah dasar
1.Pengantar Teknologi Informasi
2.Algoritma dan Pemprograman
3.Struktur Data
4.Jaringan Komputer
5.Organisasi Komputer
6.Multimedia
Mata kuliah dasar ini sudah fokus pada skill dan kebanyakan matakuliah ini ada praktikumnya. Saya akan fokuskan pada Struktur Data. Struktur Data adalah salah satu mata kuliah Paling penting di Teknik Informatika. Sayangnya kebanyakan kampus dan dosen tidak mendalam dalam mengajarkan ke mahasiswanya. Seakan-akan ilmu ini tidak penting. Tapi saya tekankan, Jika anda ingin jadi Software Developer ahli, maka tidak ada ilmu yang lebih penting dari ilmu ini.
Mata Kuliah Wajib
1.Basis Data
2.Sistem Operasi
3.Sistem Berkas
4.Jaringan Komputer
5.Analisis dan Desain Berorientasi Object
6.Arsitektur Komputer
7.Grafika Komputer (Computer Graphic)
8.Pemrograman Bahasa X
9.Pemrograman Jaringan
10.Pemrograman Web
11.User Interface Desain (Interaksi Manusia dan Komputer)
12.Rekayasa Perangkat Lunak (dan Metodenya)
Mata Kuliah Basis Data ini masing masing kampus juga punya penekanan sendiri dan materi ini bisa terdiri dari beberapa mata kuliah tergantung database yang dipakai. Ada Basis Data Dasar, Perancangan Basis Data, Database No SQL, Database Lanjut, Enterprise Database dan Variasi mata kuliah lainnya tergantung kampusnya.
Sekian Dari saya
Share this article :

1 komentar:

 
Copyright © 2013. BloggerSpice.com - All Rights Reserved
Author: MohammadFazle Rabbi | Powered by: Blogger
Designed by: Blogger Spice
^